Jumat, 05 Februari 2010

Solo Gelar Festival Batik China

Salah satu perusahaan batik terkenal di Indonesia PT Danar Hadi akan menggelar "Festival Batik China" dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek di Dalem Wuryadinngratan Solo mulai 3-6 Februari 2010.

Selama pameran berlangsung akan dipamerkan sejumlah batik koleksi yang dimiliki perusahaan tersebut, termasuk batik kuno yang bermotif China, kata Ny Danarsih Dullah pemilik perusahaan batik tersebut usai bertemu Wali Kota Surakarta Ir Joko Widodo, Selasa (2/2).

Dengan didampingi humas perusahaan RAy. Febri Hapsari Dipokusumo selaku humas, ia mengatakan masyarakat dapat menyaksikan koleksi batik motif China yang berusia 200 tahun milik perusahaan.

Ia mengatakan, festival tersebut, bercerita tentang perjalanan atau perkembangan batik China yang mempengaruhi batik-batik yang ada di Tanah Air ini.

"Jadi setiap dekade itu memang batik-batik yang berkembang di Tanah Air terpengaruh oleh zaman di masa itu, seperti pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda batik juga banyak dipengaruhi budaya barat ini, begitu juga pada masa penjajahan Jepang batik yang ada juga terpengaruh budaya Jepang," paparnya.

Begitu juga pada masa jaya-jayanya perdagangan China masuk di Jawa ini perkembangan batk juga terkena pengaruh budaya asal tirai bambu ini. "Untuk pengaruh batik China itu yang sangat dirasa pengaruhnya utamanya yang berada di daerah pesisir, seperti Lasem, Pkalongan, Cirebon dan lain-lain," kata Febry.

PT Danar Hadi memiliki koleksi batik kuno total ada 2000 lebih dan 500 diantaranya nantinya akan dipamerkan dalam acara tersebut salah satunya yang berumur 200 tahun lebih itu.

Dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan peragaan baju batik bermotif China, Barongsai, melukis di atas payung China dan lampion, "corner" foto baju China dan aneka masakan China.(ant/yan)


Sumber :

http://erabaru.net/nasional/50-jakarta/10198-solo-gelar-festival-batik-china

2 Februari 2010

1 komentar:

  1. Semoga blog batiknya terus berkembang dan semakin informatif - salam dari kami BatikKeluarga.com

    BalasHapus