Jumat, 05 Februari 2010

Semua Rumah, Gedung, Hotel - Harus Ada Keris, Wayang, dan Ornamen Batik!

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik memerintahkan agar seluruh rumah, gedung pemerintah maupun non pemerintah, hotel, dan kedutaan dihiasi ornamen batik, keris, dan wayang Indonesia.

Saya sudah bikin edaran agar di semua rumah kita, semua gedung, semua hotel harus ada kerisnya, ornamen batik, dan wayang

Hal tersebut disampaikannya dalam acara penyerahan sertifikat UNESCO terhadap warisan budaya batik, keris, dan wayang di kantor Kementerian Kordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2010). 

"Saya sudah bikin edaran agar di semua rumah kita, semua gedung, semua hotel harus ada kerisnya, ornamen batik, dan wayang. Kedutaan-kedutaan juga sudah saya minta. Semuanya, di depan lobinya harus ada wayang, batik, dan keris," kata Jero Wacik.

Perintah tersebut dimaksudkan demi mendorong pelestarian tiga warisan budaya yang sudah diakui dunia itu. Dikatakan Jero, salah satu upaya efektif dalam melestarikan ketiga warisan budaya tersebut adalah dengan sering memakai atau menggunakan ketiga warisan budaya.

"Batik lebih mudah dilestarikan karena kita senang memakainya. Yang paling sulit adalah wayang dan keris," ujar Jero Wacik.

Hari ini pemerintah Indonesia menerima tiga sertifikat UNESCO sebagai bentuk pengakuan terhadap warisan budaya Indonesia, yakni batik, keris, dan wayang.

Selain itu, UNESCO juga memberikan satu sertifikat Best Practices atas upaya pelestarian budaya batik yang telah dilakukan Indonesia melalui pelatihan untuk pelajar yang bekerjasama dengan Museum Batik Pekalongan.


Sumber :

http://nasional.kompas.com/read/2010/02/05/1136411/Harus.Ada.Keris..Wayang..dan.Ornamen.Batik

5 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar